Siapa yang merubah hari Sabbath ? Apakah itu sah ?

who changed sabbath

by: Scott Blair with permission of Teshuva Ministries

Hari Minggu sebenarnya bukan hari libur bagi orang-orang Kristen sampai kepada masa Constantine di abad ke empat. Constantine adalah kaisar Roma dari tahun 306 masehi sampai dengan tahun 337 masehi. Dia adalah seorang penyembah matahari di tahun-tahun pertama dari pemerintahannya. Kemudian, dia mengaku pindah / menjadi Kristen, tetapi di dalam hatinya tetap menjadi pemuja matahari. Edward Gibbon katakan, “Matahari secara universal di rayakan sebagai panduan yang tak terkalahkan dan pelindung Constantine.”

Constantine membuat hukum hari Minggu yang pertama yang dikenal dalam sejarah di tahun 321 masehi. Dia katakan begini :

“Pada hari terhormat matahari biarkan hakim-hakim dan penduduk yang tinggal di kota-kota lain, dan biarkan semua bengkel-bengkel / toko-toko ditutup. Di dalam negeri, bagaimanapun, orang-orang yang terlibat dalam pertanian dan hukum boleh melanjutkan pekerjaan mereka: sebab sering terjadi bahwa hari-hari yang lain tidak begitu cocok untuk menabur benih atau untuk menanam anggur: jangan dengan mengabaikan saat yang tepat untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut berkat dari surga tidak didapat (hilang).

who changed sabbath 2

Ensiklopedia Chamber mengatakan begini :

“Hukum yang pertama tidak dapat dipertanyakan, baik secara gereja atau secara sipil, dimana ketaatan Sabbath pada hari itu yang dikenal telah ditahbiskan, adalah dekrit dari Constantine, pada tahun 321 masehi.”

Berikut ini pengesahan yang pertama, baik kaisar maupun Paus dalam abad-abad berikutnya menambahkan hukum-hukum yang lain untuk menguatkan ketaatan pada hari Minggu. Apa yang dimulai sebagai kebiasaan orang kafir diakhiri sebagai suatu peraturan Kristen. Tidak lama setelah titah Constantine, lalu diikuti Dewan Gereja Katolik dari Laodikea sekitar tahun 364 masehi :

“Orang-orang Kristen tidak harus menjadi Yahudi dan tidak bekerja pada hari Sabtu (Sabbath), tetapi harus bekerja pada hari itu: tetapi hari Tuhan (hari Minggu), mereka harus secara khusus menghormati, dan sebagai orang-orang Kristen, harus, jika mungkin, jangan bekerja pada hari itu. Namun, jika mereka ditemukan hidup seperti orang-orang Yahudi, mereka akan dikucilkan dari Kristus.”

Alasan yang lain untuk penyembahan pada hari Minggu adalah untuk merayakan kebangkitan Kristus. Apakah alasan ini benar ?

Disini ada 3 versi, biasanya digunakan di dalam Perjanjian Baru, yang digunakan untuk menjelaskan perubahan pada hari Sabbath. Mari kita menganalisa ayat-ayat ini secara teliti dan lihat apa yang sebenarnya……. Mari kita lakukan !

VERSI 1

“KIS 20:7 Dan pada hari pertama pekan itu, ketika para murid berkumpul untuk memecahkan roti, Paulus berbicara kepada mereka karena akan segera berangkat keesokan harinya. Dan dia melanjutkan pembicaraan itu hingga tengah malam.”

Anda akan lihat bahwa KIS 20:6 mengungkapkan bahwa ini terjadi segera setelah Hari Raya Roti Tidak Beragi – suatu waktu dimana kita diperintahkan untuk menghitung 7 hari Sabbath untuk sampai ke Shavuot (Pentakosta).

“IM 23:15 Dan kamu harus menghitung bagimu dari hari setelah Sabbath itu, dari hari kedatanganmu membawa berkas persembahan ayunan, itu harus genap tujuh pekan.”

“IM 23:16 Sampai pada hari setelah Sabbath yang ketujuh, kamu harus menghitung lima puluh hari; dan kamu harus mempersembahkan persembahan sajian yang baru kepada YAHWEH.”

Sekarang bersama dengan itu di dalam pikiran kita, mari kita lihat pada ayat 7.

  1. Perhatikan KJV, kita melihat bahwa “day” adalah huruf miring dimana berarti itu ditambahkan oleh penterjemah. Mari kita kesampingkan itu dulu.
  2. Berikutnya, kita melihat bahwa “week” sebenarnya adalah Strong’s G4521 = “sabbaton” σαββατον; yang berasal dari bahasa Ibrani (H7676); The Sabbath (yaitu Sabbath), atau hari istirahat mingguan dari kebiasaan-kebiasan sekuler.
  3. Akhirnya, “first” adalah Strong’s G3391, “mia” μια; “irregular feminin” dari G1520; satu atau pertama. Ini seharusnya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai “satu” bukannya “pertama”.

Sekarang, kita lihat ayat 7 itu sebenarnya dibaca : “Sekarang pada satu hari Sabbath, ketika murid-murid berkumpul bersama untuk memecahkan roti, Paulus, siap untuk berangkat di hari berikutnya….”

VERSI 2

“1 KOR 16:2 Setiap hari pertama pekan itu, biarlah setiap orang di antara kamu menaruh di hadapannya, dengan mengumpulkan apa saja yang ia diuntungkan, supaya jangan ketika aku datang, baru kemudian terjadi pengumpulan.”

Tidak mengherankan, hal yang sama persis terjadi di sini seperti yang terjadi di KIS 20:7. Kunjungi BlueLetterBible.org atau eSword dan periksalah sendiri. Ini adalah proses yang saya lakukan ketika saya mencoba untuk mengerti apakah itu adalah Kebenaran atau itu adalah Tradisi. Ketika tradisi menggantikan apa itu kebenaran secara Alkitabiah dan apa yang kita selidiki dan mematuhi kepada ……… kita mempunya suatu masalah.

VERSI 3

“YOH 20:19 Kemudian, menjelang senja pada hari itu, pada hari pertama pekan itu, dan ketika pintu-pintu tempat para murid berada untuk berkumpul bersama telah dikunci, karena takut terhadap orang-orang Yahudi, YESHUA datang dan berdiri di tengah-tengah, serta berkata kepada mereka, Damai sejahtera bagimu!”

Baik, ini adalah contoh ketiga dari kejadian ini tetapi untuk alasan yang sedikit berbeda. Ini sebenarnya adalah hari Minggu dan hari pertama dalam minggu itu. Bagaimanapun, selain dari kenyataannya bahwa mereka berkumpul bersama demi keamanan dan takut diambil berikutnya……….. itu sebenarnya adalah ujung Sabbath dari buah-buah pertama (Kebangkitan hari Minggu). Anda akan melihatnya dari Imamat 23 bahwa hari Minggu Pertama mengikuti Paskah (Pesakh) adalah menjadi suatu ujung Sabbath untuk berkumpul dan membawa buah-buah persembahan pertama anda.

“IM 23:4 Inilah hari-hari raya yang ditetapkan YAHWEH, pertemuan-pertemuan kudus yang harus kamu ingat pada hari-hari raya yang ditetapkan bagi mereka.”

“IM 23:5 Pada bulan pertama, pada hari keempat belas bulan itu, di antara sore dengan petang, itulah Paskah bagi YAHWEH.”

“IM 23:6 Dan pada hari kelima belas pada bulan itu, itulah perayaan hari raya Roti Tidak Beragi bagi YAHWEH; selama tujuh hari, kamu harus makan roti tidak beragi.”

“IM 23:7 Pada hari pertama, pertemuan kudus harus menjadi milikmu; kamu tidak boleh melakukan pekerjaan berat apapun,”

“IM 23:8 dan kamu harus mempersembahkan persembahan api-apian bagi YAHWEH tujuh hari lamanya. Pada hari ketujuh pertemuan kudus, kamu tidak boleh melakukan pekerjaan berat apapun.”

“IM 23:9 Dan berfirmanlah YAHWEH kepada Musa, dengan mengatakan,”

“IM 23:10 Berbicaralah kepada bani Israel, dan engkau harus mengatakan kepada mereka: Ketika kamu masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu dan kamu menuai hasilnya, maka kamu harus membawa berkas hasil pertamamu kepada imam.”

“IM 23:11 Dan dia harus mengayun-ayunkan berkas itu di hadapan YAHWEH sebagai kerelaanmu. Pada keesokan hari setelah Sabbath, haruslah imam itu mengayun-ayunkannya.”

“IM 23:12 Dan pada hari itu kamu mengayun-ayunkan berkas itu, kamu harus mengolah seekor anak domba yang sempurna, berumur setahun, sebagai persembahan bakaran bagi YAHWEH;”

“IM 23:13 dan persembahan sajiannya: dua persepuluh bagian tepung halus yang diadon dengan minyak, suatu persembahan api-apian bagi YAHWEH, bau harum yang menenang, dan persembahan curahannya: anggur seperempat jin.”

“IM 23:14 Dan roti, juga bulir bakar, serta hasil ladang, kamu tidak boleh memakannya sampai hari yang sama, yakni sampai kamu membawa persembahan bagi Elohimmu; itulah suatu ketetapan untuk selamanya bagi generasi-generasimu di seluruh tempat tinggalmu.”

“IM 23:15 Dan kamu harus menghitung bagimu dari hari setelah Sabbath itu, dari hari kedatanganmu membawa berkas persembahan ayunan, itu harus genap tujuh pekan.”

“IM 23:16 Sampai pada hari setelah Sabbath yang ketujuh, kamu harus menghitung lima puluh hari; dan kamu harus mempersembahkan persembahan sajian yang baru kepada YAHWEH.”

Ini adalah 3 referensi kitab suci yang saya telah diberikan oleh pastor-pastor menunjukkan Sabbath telah berubah. Tetapi, ini adalah dari kurangnya pemahaman kita tentang hari raya-Nya (IM 23:4) dimana kita salah menafsirkan naskah kitab suci dan membangun satu pengajaran yang sebenarnya berlawanan dengan Firman-Nya.

Lalu, pertanyaannya sekarang adalah……… apa yang akan anda lakukan tentang hal ini? Mengikuti tradisi sebab itu adalah cara yang sudah kita lakukan selama hampir 2000 tahun, atau mengikuti Kebenaran dan melakukan hal-hal sesuai jalan-Nya.

“KEL 31:13 Dan engkau, berbicaralah kepada bani Israel dengan mengatakan: Haruslah kamu sungguh-sungguh memelihara Sabbath-Sabbath-Ku, sebab, itulah tanda antara Aku dan kamu, bagi generasi-generasimu, agar mengetahui bahwa Aku, YAHWEH, menguduskanmu.”

“KEL 31:14 Dan haruslah kamu memelihara Sabbath itu, karena itu kudus bagimu. Siapa yang mencemarkannya, dia harus dihukum mati. Sebab, setiap orang yang melakukan pekerjaan di dalamnya, maka dia harus dilenyapkan nyawanya dari tengah-tengah bangsanya.”

“KEL 31:15 Enam hari lamanya pekerjaan boleh dilakukan, tetapi pada hari yang ketujuh, yaitu Sabbath, adalah perhentian kudus bagi YAHWEH. Setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari Sabbath itu, haruslah dia mati dibunuh.”

“KEL 31:16 Dan haruslah bani Israel memelihara Sabbath untuk melaksanakan Sabbath itu bagi generasi-generasi mereka, satu perjanjian untuk selamanya.”

“KEL 31:17 Inilah suatu tanda untuk selamanya antara Aku dan bani Israel, sebab, enam hari lamanya YAHWEH menjadikan langit dan bumi, dan pada hari yang ketujuh Dia berhenti dan menyegarkan diri.”

Belajar lebih jauh tentang Sabbath di:  – See more at: “Who Changed the Sabbath? Was it Authorized?”

Sumber Constantine: http://amazingdiscoveries.org

We at FGT would like to thank Teshuva Ministries for allowing us to publish their Materials, Scott Blair for writing it, and David Grushin for translating it. May YHVH bless you all, HaShem Yeshua, Amein, Amein!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s